Kamis, 14 Oktober 2010

manajemen umum

Tangerang, 29 september 2010

MANAJEMEN UMUM


Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju dapat membuat manusia untuk melakukan hal-hal yang tidak biasa dilakukan. Menuntutnya kebutuhan hidup yang tidak bisa dijangkau membuat manusia harus mempunyai tujuan agar kehidupanya dapat berlangsung dengan baik untuk jangka panjang. Tujuan ini disebut manajemen.

Bukan hanya manusia saja yang harus mempunyai tujuan agar dapat bertahan hidup. Perusahaan atau organisasi pun memiliki tujuan. Perusahaan atau organisasi agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujaun harus diatur secara benar. Pengaturan organisasi disebut manajeman. Perkembangan ilmu manajeman makin pesat seiring dengan makin berkembangnya dunia usaha.

Istilah manajemen berasal dari bahasa Italia maneggio dan bahasa latin managgiare yang berarti mengendalikajn kuda. Selanjutnya, perkembangan istilah manajemen digunakan untuk mengendalikan ataupun untuk mengatur suatu organisasi. Berikut ini, pengertian manajemen menurut beberapa ahli,

 Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu untuk menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
 George R.Terry
Manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengandakan pengendalian melalui kegiatan orang lain.
 Harold Koonts dan Cyrill O’Donnell
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.


Dari beberapa pendapat mengenai pengertian manjemen tersebut, dapat diartikan bahwa manajemen ialah suatu perencanaan, pengorganisasian maupun penggerakan untuk mencapai sebuah tujuan.

Suatu organisasi apabila ingin tetap bertahan lama harus mempunyai tujuan. Tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila mempunyai manajemen baik juga.
Manajemen bersifat universal ataupun bersifat luas. Banyak orang mengartikan bahwa manajemen itu ialah seni atau ilmu tapi dilain itu manajemen ialah sebuah kombinasi. Manajemen pun memiliki fungsi. Fungsi manajemen terdiri atas perencanaan, penggerakkan, dan pengawasan.

Dalam melaksanakan tugasnya manajemen sangat memerlukan fasilitas atau sarana. Alat-alat yang kerja yang digunakan merupakan sumber atau unsur manajemen.
Unsur adalah bagian terpenting dalam suatu organisasi. Unsur harus ada dalam proses untuk sebuah pencapain atau tujuan. Yang terdapat didalam unsure manajemen yaitu tenaga kerja (man), uang (money), mesin-mesin (machines), cara kerja (methods), bahan perlengkapan (materialis), dan pasar (market).


Manajemen mempunyai tingkatan. Tingkatan manajemen dalam suatu orgainasasi terbagi menjadi tiga, yaitu manajemen lini pertama, menengah, dan puncak. Tingkatan ini sangat jelas membedakan antara manajemen tingkat satu, dua, maupun tiga. Karena setiap tingkatan dipimpin oleh manajer, dan tugas manajer setiap tingkatan itu berbeda-beda.

Manajemen yang terdiri atas serangkaian kegiatan yang diawali oleh perencanaan dan kemudian di akhiri dengan pengawasan memiliki beberapa bidang. Bidang-bidang manajemen tersebut, yaitu manajemen perkantoran, produksi, pemasaran, keuangan, dan personalia. Beberapa bidang tersebut memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda.






• Platinum, Rusdarti Kusmuryanto
• www.wikipedia.org/wiki/manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar